Selasa, 26 Oktober 2010

Bertumbuh lewat masalah

Sebuah pohon yang sedang tumbuh harus memiliki akar yang kuat sehingga apabila pohon tersebut terkena terpaan badai maka pohon tersebut tidak akan tumbang. Pohon tersebut akan tetap berdiri dengan kokoh.
Begitu pula dalam hidup ini di mana Tuhan hendak menjadikan kita sebagai umat yang kuat. Oleh karena itu seringkali lewat persoalan dan tantangan., Tuhan hendak menguji dan menjadikan kita sebagai umat yang kuat dan dapat bertumbuh dalam iman kepadaNya.

Dengan masalah yang ada apakah kita dapat semakin bertumbuh atau malah semakin terpuruk. Semua itu tergantung dari respon atau sikap kita saat menghadapi masalah. Pada Umumnya setiap orang tidak senang dengan setiap masalah yang terjadi di dalam hidupnya. Sebagai umat pemenang setiap kita harus dapat melewati proses dan ujian yang ada karena hal tersebut akan membuat iman kita semakin bertumbuh dalam Tuhan.
Tuhan hendak menjadikan kita menjadi umat yang kuat dan tangguh, bukan umat yang lemah. Melewati setiap masalah Tuhan ingin memurnikan dan menguji setiap kita karena sesungguhnya Tuhan lebih memperhatikan karakter daripada kenyamanan kita. Hanya hubungan kita dengan Tuhan yang akan kita bawa sampai kepada kekekalan. " ...kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan. Dan pengharapan tidak mengecewakan, ...."(Roma 5:3-5).
Tanpa masalah kekristenan tidak akan pernah teruji dan kualitas iman yang sebenarnya tidak akan muncul. Seperti halnya emas yang di masukkan ke dalam peleburan supaya menghasilkan emas yang murni. Demikian juga dengan kita saat menghadapi persoalan, janganlah kita hanya memandang dari sisi buruk dan tidak enaknya saja. Lewat masalah Tuhan ingin mengoreksi hidup kita supaya kita tetap berada dalam kebenaranNya dan semakin bertumbuh. Jadi saat menghadapi masalah, milikilah pikiran dan pandangan yang positif sebab tidak selamanya persoalan itu buruk. Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. percayalah Tuhan tidak pernah memberikan hal yang buruk sebab rancanganNya atas kita selalu baik.
Dibalik setiap masalah pasti ada kebaikan yang akan di nyatakan oleh Tuhan. Bertahanlah dalam setiap terpaan "Badai" yang melanda hidup kita, jangan mudah goyah. Percayalah Tuhan bekerja di dalam diri kita untuk menguatkan roh kita.

"Sebab itu, hai anakku, jadilah kuat oleh kasih karunia dalam Kristus yesus." (2Timotius 2:1)

Lewat masalah Tuhan ingin mengoreksi hidup kita supaya kita tetap berada dalam kebenaranNya dan semakin bertumbuh.

sumber : Renungan Harian Kemenangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.